Looking For Anything Specific?

Navigasi Dan View di Blender menggunakan Mouse dan Keyboard

Senang berjumpa kembali sahabat mm kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana melakukan navigasi di blender , seperti yang kita ketahui adalah sebuah software grafis, seperti software grafis lainya kita harus dapat menavigasi atau melihat Project yang sedang kita buat sesuai keingginan kita dalam sudut pandang manapun.

Dalam kasus ini di blender yang merupakan sebuah software 3D kita harus dapat melihat secara 360 derajat dari object atau project yang kita buat, maka tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara bernavigasi di software blender ini agar kita lebih mudah dan cepat menyelesaikan project yang kita lakukan .

 

Baiklah sebelum kita mulai mungkin ada dari kalian yang masih belum mengetauhi apa itu blender tapi jika kalian ke artikel ini saya yakin kalian sudah mengerti apa itu blender setidaknya bagaimana cara mendapatkan dan melakukan instalasi tapi tidak ada salahnya untuk belajar lebih apa itu blender dari link yang saya sediakan di bawah.

Baiklah kita mulai sekarang pertama mari kita buka aplikasi blender 

Seperti tampilan di atas saat aplikasi blender pertama kali dibuka akan ada default sebuah kubus kita akan mendelete kubus ini dan menggantinya dengan mesh monkey karna kita akan menampilkan object dari berbagai sudut pandang.

Kalian dapat membuatnya dengan klik add di pojok kiri -> lalu klik mesh dan pilih yang paling bawah monkey kalian bisa melihat gambar di bawah .

Mesh ini akan kita jadikan patokan tau titik dimana navigasi berlangsung dengan cara kita pilih mesh monkey lalu kita klik tombol del( . ) di dalam numpad , jika kalian tidak memiliki numpad kalian dapat menggunakan backslash( / ) untuk mengisolasi object artinya kalian hanya dapat melihat object yang di pilih, object lain akan di sembunyikan dan akan kembali muncul jika kalian klik backslash( / ) lagi.

Atau kalian dapat memodifikasi sendiri harus menggunakan shortcut mana dengan cara mengklik 

  • - pertama kita cari tombol edit di pojok kiri (Box1)
  • - lalu klik prefrences tombol paling bawah (Box2)
  • - lalu kita pilih keymap (Box3)
  • - Selanjutnya kita pastikan di pilihan name yang berwana biru (Box4)
  • - lalu kita search dan isikan Frame Selected (Box5)
  • - terakhir kita dapat menggubah shortcut yang kita inginkan di pilihan 3d view (Box6)


Baiklah langsung kita mulai saja jika kita sudah memilih Mesh tersebut sebagai titik.  

  •  Orbit

Kita mulai dari navigasi pertama yaitu orbit artinya kita dapat berputar di sekeliling titik dengan cara yang pertama adalah menekan tombol tengah dari mouse dan mendragnya.



Cara kedua adalah menggunakan numpad untuk mengubah sudut pandang dengan jarak yang pasti menggunakan numpad 2,4 6,8 untuk bergerak di sumbu Z dan numpad 9 untuk membalikan tampilan

Numpad 2 = mengubah tampilan ke bawah

Numpad 8 = mengubah tampilanke atas

Numpad 4 = mengubah tampilanke kiri

Numpad 6 = mengubah tampilanke kanan

Numpad 9 = membalik tampilan

  • Roll

Navigasi ke dua adalah Roll yaitu memutar tampilan di sumbu z sebesar 15 derajat

Dengan menggunakan numpad 4 dan 6 juga tombol shift

 

Shift + numpad 4 = memutar tampilan di sumbu z ke kiri

Shift + numpad 6 = memutar tampilan di sumbu z ke kanan




  • Pan

navigasi ketiga adalah Pan, pan di blender adalah mengubah tampilan tanpa memindahkan object jadi yang berpindah hanya viewport sama seperti orbit pan juga dapat di gunakan menggunakan mouse dan numpad.

 Cara pertama adalah menggunakan mouse sama seperti orbit dengan cara menekan tombol tengah mouse dan mendrag tetapi harus sambil menekan tombol shift

 Tombol Tengah Mouse -> drag mouse -> menekan Shift

 Cara kedua dengan menggunakan numpad dan tombol control dengan cara menekanya


CTRL +Numpad 2 = Mengerakan tampilan ke atas

CTRL +Numpad 8 = Mengerakan tampilan ke bawah

CTRL +Numpad 4 = Mengerakan tampilan ke kanan

CTRL +Numpad 6 = Mengerakan tampilan ke kiri

  • Zoom

Navigasi keempat adalah zoom In/Out dengan menggunakan zoom kita dapat mendekat dan menjauh dari object yang kita jadi kan titik awal tanpa merubah ukuran object. kita dapat menggunakan zoom menggunakan mouse dan numpad 



Cara pertama menggunakan tombol tengah mouse kita hanya perlu menscroll kedepan untuk mendekatkan, scroll kebelakan untuk menjaukan dari object

 Cara kedua addalah menggunakan numpad menggunakan tombol numpad ( - ) dan ( +)

Numpad - = untuk menjauhkan dari object

Numpad + = untuk mendekatkan ke object

 

Untuk mendapatkan hasil zoom yang lebih halus kita dapat menggunakan Dolly zoom dengan cara menekan tombol shift dan control bersamaan lalu tombol tengan mouse dan mendragnya ini akan mendapatkan hasil yang lebih halus dari pada menscroll mouse.

 

Baiklah sampai di sini saja Tips kali jika ada pertanyaan silakan berkomentar di bawah terimakasih telah bekunjung sampai jumpa di tips selanjutnya.

Rekomendasi Artikel

Cara zoom dan orbit menggunakan mouse saja di blender

10 macam modifiers di blender dan kegunaanya

Posting Komentar

0 Komentar