kali ini saya akan memberikan tutorial cara menggunakan teknik bump yang menggunakan pencahayaan untuk memberikan kesan timbul atau tidak flat kepada object yang di kerjakan.
Teknik ini termasuk kedalam teknik teksturing yang sudah cukup lama ada yang mempermudah para creator untuk membuat sebuah object atau mesh yang rata seperti plane dan juga bola sebuah efek timbul yang membuatnya cukup menarik hanya menggunakan tekstur tanpa harus mengubah mesh dasar yang digunakan tersebut menjadi seperti tembok ,planet dll.
- Setting project
Baiklah langsung kita mulai saja dengan membuka blender dan membuat project baru lalu kita delete mesh awal selanjutnya menambahkan UV sphere(bola)(box1) ke dalam project seperti gambar di bawah
Selanjutnya kita scale(box2)sphere atau pun zoom in ke sphere sehingga object lebih besar untuk tutorial kali ini saya hanya akan membuat sebuah planet dengan menggunakan tekstur dasar dari blender tanpa menggunakan atau pun membuat tekstur khusus sehingga kalian dapat mengikuti tutorial kali ini
- Setting tampilan
Baik untuk tahap selanjutnya setelah membuat object adalah mengatur tampilan atau editor type di tutorial kali ini kita harus menggunakan shader editor(box1) karena akan menambahkan tekstur ke dalam object yang ada selain itu kita juga perlu mengubah tampilan ke rendered(box2) sehingga perubahan yang terjadi pada object dapat langsung terlihat tanpa harus memindah ke rendering(box3)
- Menambahkan texture
Setelah selesai mensetting tampilan kalian seperti tampilan di atas selanjutnya kita tambahkan material ke dalam objek yang ada lalu di base color(box1) kita ubah menjadi texture noise(box2) dengan cara mengklik titik kecil di samping(box3) sehingga muncul node di dalam shader editor seperti gambar contoh di bawah.
- Shader editor bump
Jika tahap diatas selesai seharusnya di editor shader akan ada 3 node, dan object menjadi berwarna warni barulah kita tambahkan bump ke dalam object dengan cara add(box1) atau shift + A lalu di search ketikan bump lalu enter, node bump akan muncul di shader editor(box2) lalu kita sambungkan semua node yang ada seperti gambar di bawah
Noise texture ke bump height(box3) selanjutnya bump normal ke BSDF normal(box4) jika semua node sudah tersambung seperti contoh di atas seharusnya object kalian sudah memiliki tekstur yang timbul sedang untuk membuat timbul itu lebih detail kalian dapat mengatur parameter yang ada di noise texture seperti scale, atau distortion. Dibawah adalah settingan saya dan hasilnya silahkan kalian tiru
Sedang untuk perwarnaan kalian dapat menggunakan bermacam teknik yang kalian ketahui seperti gradien dll. Atau warna dasar saja hingga seperti yang saya buat di bawah menyerupai dengan planet atau pun asteroid.
Baik itu dia tutorial kali ini semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah
0 Komentar