Looking For Anything Specific?

Membuat effect Bokeh dengan Defocus di blender

 Pada kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai render object dengan menambahkan effect Bokeh menggunakan teknik Defocus pada gambar yang di render.

 

Arti bokeh

Bokeh merupakan salah satu teknik dalam fotogafi yang memfokuskan kepada salah satu object atau beberapa object dengan jarak yang hampir mirip dengan kamera yang mengambilnya dengan kata lain kita dapat membuat effect bokeh pada object paling depan dengan membuat blur background atau sebaliknya memfokuskan object paling belakang dengan membuat blur foreground.

 

Diblender kita akan mencoba mereplikasi effect bokeh tersebut dengan menggunakan Defocus, di tutorial kali ini saya hanya akan membuat bokeh background dengan kata lain memfokuskan object paling depan seperti gambar di bawah


Baiklah langsung kita mulai saja membuka aplikasi blender, di tutorial kali ini saya hanya menggunakan object atau mesh dasar dari blender atau tidak menggunakan mesh modifikasi dengan perbedaan warna di setiap object


Setelah software blender terbuka selanjutnya mari kita buat beberapa object baru lalu menambahkan warna kepada beberapa object tersebut

 

 

Jika pembuatan project baru kalian sudah selesai dan mirip dengan gambar contoh dibawah dengan 4 object di belakang object utama


Setelah di kira jumlah dan posisi object sudah seperti yang anda inginkan selanjutnya kita mensetting kamera

 

Setting kamera

Setelah scene di setting seperti yang kita inginkan selanjutnya kita mensetting kamera sehingga mendapatkan effect bokeh yang kita inginkan dengan cara men select object kamera(box1) seperti gambar di bawah


Lalu kita ke properties editor lalu cari icon camera(box2) atau object data properti hingga tampilan berubah seperti diatas, disini lah kita akan mensetting kamera sehingga mendapatkan effect bokeh yang di inginkan, pilihan settingan yang diperlukan adalah Depth of field(box3) dan viewport display(box4)

 

Kita mulai dari yang pertama yaitu mensetting viewport display settings ini hanya memudahkan kita mengetahui titik fokus kamera dengan mengklik limit(box1).


 hingga garis bantu muncul(box2) di 3d view seperti gambar di atas tanda +(box3) merupakan di mana fokus kamera sekarang berada.

 

Selanjutnya kita setting Depth of field settingan ini lah yang menentukan sebagus apa effect bokeh yang dihasilkan


Kita mulai dari yang pertama yaitu memilih object mana yang akan difokuskan oleh kamera dengan memilihnya dari list yang ada(box1) atau menggunakan pipet(box2) dan men select object yang tampil di viewport setelah object dipilih kalian bisa lihat bahwa tanda + dari garis bantu berada di samping object(box3).

 

 

Baiklah selanjutnya kalian hanya perlu mensetting aperture(box1) terutama F-Stop(box2) untuk menghasilkan effect blur dengan mengubah nilai semakin rendah nilai F-Stop(box2) semakin blur juga background di belakang ya atau objek lain yang tidak dipilih


Seperti gambar di atas saya mensetting F-stop berada di nilai 1(box3) setelah di render hasilnya terlihat seperti gambar di bawah


Baiklah sampai di sini tutorial kali ini selanjutnya kalian hanya perlu bereksperimen dengan nilai yang ada di aparatur sehingga menghasilkan gambar dengan effect bokeh yang kalian inginkan lalu merendernya hingga jadi seperti hasil di bawah ini


Jika kalian tidak mengetahui cara merender di blender silakan baca artikel lewat link di bawah ini

 

Apa itu Render dan cara menggunakanya di Blender

 

Terima kasih telah berkunjung, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar